Headlines News :
Home » » 5 Masjid di Irak Jadi Sasaran Bom Mobil, 19 Orang Tewas

5 Masjid di Irak Jadi Sasaran Bom Mobil, 19 Orang Tewas

Written By Unknown on Sabtu, 30 Maret 2013 | 19.00

NTBNews - Baghdad, Bom mobil kembali mengguncang Irak. Kali ini 5 masjid milik kelompok Syiah menjadi sasaran pemboman yang terjadi bersamaan dalam satu hari. Akibat ledakan ini 19 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Ledakan bom mobil itu terjadi pada Jumat (29/3), usai salat Jumat di 5 masjid Syiah tepatnya di tenggara dan utara Baghdad serta Kirkuk sebelah utara Irak. Kejadian ini menewaskan 19 jamaah dan melukai 130 orang lainnya.

"Kami mendengarkan pidato ulama ketika kami mendengar ledakan yang sangat kuat. Kaca tersebar di mana-mana dan sebagian atap ambruk," kata seorang korban terluka beberapa saat usai ledakan di Kirkuk, Mohammed, sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (30/3/2013). Kemeja Mohammed masih berlumuran darah.

Polisi dan pejabat kesehatan di Irak mengatakan korban tewas di Baghdad total berjumlah 16 orang, sementara 3 lainnya tewas di Kirkuk, di mana ledakan itu meninggalkan tumpukan puing-puing beton masjid hingga di luar jalan. Kirkuk merupakan kota etnis campuran Arab, Kurdi dan Turkman, 170 Km dari Ibukota Baghad.

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab atas ledakan di 5 masjid Syiah tersebut.

Sejak 10 tahun setelah AS menginvasi Irak dan menggulingkan Presiden Saddam Hussein, Irak masih bergulat dengan gejolak politik dan gerilyawan Islam Sunni. Hal ini meningkatkan serangan terhadap sasaran Syiah dan pasukan keamanan.

Sebelumnya, Al Qaeda di Irak mengaku bertanggungjawab atas gelombang pemboman dan serangan bunuh diri awal bulan ini yang menewaskan sekitar 60 orang pada ulang tahun ke-10 dari invasi AS.

(http://news.detik.com/read/2013/03/30/023758/2207074/1148/5-masjid-di-irak-jadi-sasaran-bom-mobil-19-orang-tewas)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berita Baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger